Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ronald Koeman Dinilai Mampu Kendalikan Ego Lionel Messi di Barcelona

  • Oleh Teras.id
  • 13 November 2020 - 12:00 WIB

TEMPO.COJakarta - Mantan pemain Barcelona, Rivaldo, memuji Pelatih Ronald Koeman yang berani membangkucadangkan Lionel Messi pada laga kontra Real Betis akhir pekan kemarin. Menurut dia, sangat sulit membuat pemain dengan status mega bintang duduk di bangku cadangan.

Dalam kolom di laman Betfair, Rivaldo memuji keputusan Koeman tersebut. Menurut dia, keputusan Koeman itu berjalan dengan baik. Di satu sisi, Lionel Messi bisa menghemat tenaganya di sisi lain dia menilai bahwa Koeman mampu mengendalikan mega bintang seperti Messi.

"Tak muda meyakinkan pemain seperti Messi bahwa duduk di bangku cadangan merupakan opsi yang baik karena Messi selalu menginginkan lebih," tulis Rivaldo.

"Hal itu berjalan sempurna pada laga kontra Betis. Messi bermain luar biasa dan, yang lebih penting, dia bisa menghemat tenaga. Saya melihat Messi tak marah dan bahkan bermain lebih keras pada babak kedua untuk membuat perbedaan."

"Tentu saja, sangat penting bagi seorang pelatih di klub besar untuk bisa mengatur pemainnya dengan baik, berkomunikasi dengan jelas dengan semua orang untuk mendapatkan kepercayaan dari mereka. Koeman melakukan itu."

Ronald Koeman memang sempat membangkucadangkan Lionel Messi pada laga kontra Real Betis akhir pekan kemarin. Messi baru masuk pada babak kedua menggantikan Ansu Fati yang mengalami cedera.

Itu merupakan pertama kalinya dalam satu tahun terakhir Messi berada di bangku cadangan. Ronald Koeman sempat menyatakan bahwa keputusan tersebut diambil karena Messi tak dalam kondisi 100 persen bugar.

Sejak awal kehadirannya di Barcelona, Koeman memang menegaskan bahwa dirinya tak akan memilih pemain berdasarkan status kebintangan. Dia menyatakan akan memainkan pemain yang benar-benar berada dalam kondisi terbaik dan siap bekerja keras.

Hal itu dikabarkan sempat membuat Ronald Koeman dengan Lionel Messi terlibat hubungan kurang harmonis. Pasalnya Lionel Messi dikenal memiliki keistimewaan ketimbang para pemain Barcelona lainnya.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru