Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

H Abdul Rasyid AS: Jadilah Pengusaha yang Bermartabat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 November 2020 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai pengusaha lokal asli orang Dayak, Kalimantan Tengah (Kalteng), H Abdul Rasyid terus memberikan motivasi dan pengalamannya dalam meniti karir di dunia usaha kepada generasi muda. Ia juga menitipkan pesan supaya menjadi pengusaha yang bermartabat.

Hal ini disampaikan saat bertemu dengan para mahasiswa dan pemuda milenial. H Abdul Rasyid AS terus menularkan ilmu dan pengalamannya agar pemuda ini punya semangat menjadi pengusaha.

"Ayo para pemuda Kalteng untuk memulai memikirkan dan mulai melakukan suatu usaha. Pemuda Kalteng pasti mampu bersaing di dunia usaha. Contohnya sudah ada, yaitu saya (H Abdul Rasyid AS), tinggal dari kalian ini para pemudanya, mau memulai dan mau mencoba atau tidak. Harus ada di Kalteng ini Rasyid - Rasyid yang baru," ucapnya dengan penuh semangat, Kamis, 12 November 2020.

Dia berpesan, dalam memulai usaha, jangan takut gagal. Jangan lupa pula untuk terus belajar. Kemudian hal terpenting juga ialah jadilah pengusaha yang peduli terhadap kebangkitan ekonomi daerah sendiri.

Ia mencontohkan dirinya saat memberanikan diri membuka usaha industri di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Biasannya orang membangun industri di luar Kalimantan, terlebih Kalimantan Tengah. Misalnya di Sulawesi dan Sumatra lantaran di sana infrastrukturnya sudah jadi.

"Tetapi saya tidak. Justru saya bangun industri di Kumai. Mengapa demikian Karena saya ingin menciptakan ekonomi dan pekerjaan baru. Saya adalah orang asli daerah ini, sehingga saya ingin daerah saya juga maju perekonomiannya seperti daerah lain," tuturnya.

Kalau dilihat dari segi keuntungan, ia menyebut tidak begitu untung, karena biaya pembangunan yang besar. Yakni harus membangun power plane, jalan dan pelabuhan sendiri, bangun jalan sendiri dengan biaya yang tidak sedikit bahkan mencapai triliunan. Namun demikian, berkat tekadnya yang sudah bulat ingin menghidupkan perekonomian, akhirnya semua itu terwujud.

"Saya ingin menjadi pengusaha yang bermartabat. Sehingga, saya banyak membuka usaha di Kalteng, membantu menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sehingga ekonomi dan derajat sosial masyarakat bisa terangkat," tuturnya.

Untuk itu, para pemuda Kalteng, dia kembali berpesan jadilah pengusaha yang sukses yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Pemuda Kalteng harus bangkit, terus belajar, banyak membaca dan membuka wawasan. Hal terpenting lainnya adalah mulailah mencoba usaha, apaun jenis usahannya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru