Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Titik Panas Terpantau di 5 Kecamatan di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 November 2020 - 20:21 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Titik panas terpantau di lima wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan,  Jumat 12 November 2020. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan,  Eka Suryadilaga menuturkan 5 wilayah kecamaran yang hari ini terpantau titik panas melalui citra satelit terra, aqua, SNPP dan NOAA 2 ini yakni Tewang Sanggalang Garing 1 titik panas, Pulau Malan 3 titik panas, Katingan Tengah 1 titik panas, Sanaman Mantikei 24 titik panas dan Kecamatan Bukit Raya ada 1 titik panas. 

Hari ini kegiatan personel BPBD memantau info hotspot atau titik panas melalui LAPAN dan SIPONGI melalui Citra Satelit Terra, Aqua, SNPP dan NOAA 2 melakukan patroli terpadu dengan melibatkan TNI , Polri, Manggala Agni, BPBD, DAMKAR. 

Di sela patroli kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, petugas juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan.

Selain itu upaya lainnya menghimpun informasi bencana mrlalui Medsos, SMS, WA dan laporan masyarakat.

Kemudian memantau perkembangan DAS Katingan dan pemeliharaan peralatan sarana dan prasarana.

Eka mengatakan berdasarkan prakiraan BMKG Kalteng,  cuaca di Katingan pada pagi hari cerah,  siang berawan, sore berawan dan malam hari ini diperkirakan bakal terjadi hujan.

" Ini masih prakiraan cuaca dan tidak rata untuk semua wilayah Kabupaten Katingan," katanya. Sementara itu kondisi air Sungai Katingan di beberapa wilayah mengalami penurunan atau surut dibanding sebelumnya. 

Tiang pengukur kedalaman pinggir DAS Katingan sekitar Dermaga Ujung Hurung Kasongan 4M - 400 cm. 

Sedangkan data hari sebelumnya 2,5 m = 250 cm kedalaman air atau normal. Sementara data hari Ini 2,0 m = 200 cm juga  normal, namun terjadi penurunan  50 cm pada ketinggian permukaan DAS  Katingan dibanding pada hari kemarin. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru