Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asisten I Buka Konsultasi Publik Analisis Dampak Lingkungan Hidup Pembangunan Food Estate

  • Oleh Nopri
  • 13 November 2020 - 21:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Asisten I Sekda Kalimantan Tengah, Hamka membuka konsultasi publik analisis dampak lingkungan hidup (AMDAL) pada rencana pembangunan food estate di aula Jayang Tingang, Jumat 13 November 2020.

Hamka menyampaikan food estate merupakan rencana pemerintah pusat dan menjadi salah satu dari proyek strategis nasional 2020-2024 di bawah kendali dan pengawasan langsung dari Presiden Joko Widodo.

"Sebagai bagian rencana dari lokasi program pengembangan tanaman pangan untuk lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa. Program food estate di Kalteng diharapkan mampu menjadi ketahanan pangan nasional," katanya.

Hamka mejelaskan program food estate ini tidak hanya ditanami padi, jagung dan kedelai, tapi terbagi dalam beberapa klaster yang akan dikembangkan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, hortikultura dan peternakan modern terintegrasi.

Hamka juga mengharapkan peran masyarakat baik yang terdampak langsung, tokoh adat, serta pemerhati lingkungan untuk dapat memberikan saran, pendapat, informasi terhadap gambaran permasalahan di lapangan baik ekonomi maupun lingkungan terkait rencana food estate.

"Sehingga nantinya dapat diambil keputusan guna merumuskan suatu kebijakan yang tepat dan konkret karena berlandaskan dengan fakta dan objektifitas," tutupnya. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru