Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mirae Sekuritas Prediksi IHSG Masih Positif hingga Akhir Tahun

  • Oleh ANTARA
  • 13 November 2020 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan bergerak positif hingga akhir tahun ini.

"Hasil sementara pemilihan presiden AS dan vaksin, membuat pandangan pelaku pasar keuangan terhadap prospek ekonomi berbalik menjadi positif dari sebelumnya negatif atau bahkan stagnan karena pandemi," kata Head of Research Mirae Asset Sekuritas Indonesia Hariyanto Wijaya saat diskusi dengan awak media secara daring di Jakarta, Jumat.

Hariyanto menuturkan beberapa faktor lain juga turut memicu positifnya reaksi pelaku pasar akibat perkembangan ekonomi terkini, terutama pada komoditas nikel dan minyak sawit mentah (CPO).

Positifnya pandangan terhadap nikel dan CPO tersebut tertuang ke dalam saham-saham pilihan utama (stock picks) Mirae Asset untuk periode November 2020.

Ada empat penghuni baru daftar stock picks Mirae Asset, yaitu PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indoensia Tbk (BBRI), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO).


Dengan demikian, stock picks Mirae tersebut memiliki bobot besar pada saham perbankan, barang konsumsi, dan komoditas (CPO dan nikel).

Dua nama pertama adalah dua BUMN perbankan, sedangkan ANTM dan INCO dipilih karena faktor potensi kenaikan harga nikel.

Kenaikan harga nikel diprediksi akan didukung oleh beberapa faktor. Pertama, program one belt one road (OBOR) China yang masih berjalan dan akan mendorong permintaan nikel.

Kedua, pengembangan kendaraan listrik juga dapat mengangkat minat pada nikel secara stabil.

Ketiga, terpilihnya Joseph Biden sebagai Presiden AS yang ramah lingkungan diprediksi akan semakin menentukan tren penguatan permintaan sekaligus harga nikel ke depannya.

Berita Terbaru