Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rusia Berencana Bangun Pangkalan Angkatan Laut di Sudan

  • Oleh Teras.id
  • 14 November 2020 - 10:45 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -  Pemerintah Rusia berencana membangun pangkalan angkatan laut di pantai Laut Merah Sudan. Hal ini tertuang dalam rancangan perjanjian kerja sama dengan Sudan yang dipublikasikan di situs pemerintah Rusia.

Rancangan perjanjian ini ditandatangani oleh Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin. Draf tersebut menuliskan pangkalan ini akan menjadi pusat dukungan logistik. "Perbaikan dan suplai operasi serta istirahat untuk kru dapat dilakukan," tulisnya seperti dikutip dari Aljazeera, Jumat, 13 November 2020.

Rencananya pangkalan angkatan laut Rusia ini dapat menampung 300 prajurit dan sipil serta empat kapal, termasuk kapal bertenaga nuklir. Pangkalan ini akan berdiri di pinggiran utara Pelabuhan Sudan.

Dengan kerja sama ini, Rusia mendapat hak untuk mengangkut senjata, amunisi, dan berbagai alat lain yang dibutuhkan di pangkalan tersebut melalui pelabuhan atau bandara Sudan. 

Menurut draf perjanjian itu, pangkalan tersebut bertujuan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan. "Bersifat defensif dan tidak ditujukan terhadap negara lain," tulisnya.

Kesepakatan ini dijadwalkan berlaku selama 25 tahun. Namun sejauh ini pihak berwenang Rusia belum menyebutkan kapan pastinya penandatanganan perjanjian dengan Sudan.

Seperti diketahui, Rusia dalam beberapa tahun terakhir memperbarui pengaruh geopolitiknya dan mengalihkan pandangannya ke Afrika. Salah satu contoh lainnya adalah menjalin kerja sama militer dengan Sudan pada Mei 2019 yang akan berlaku selama tujuh tahun.

ALJAZEERA/TERAS.ID

Sumber

https://www.aljazeera.com/news/2020/11/13/russia-plans-naval-base-in-sudan

Berita Terbaru