Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Persentase Kematian Akibat Covid-19 di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 November 2020 - 20:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Persentase kematian akibat covid-19 di Kabupaten Barito Timur sebesar 0,92 persen dari total kasus positif Covid-19 sebanyak 328 kasus.

Kasus kematian dapat ditekan sedemikian rupa karena Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Barito Timur bergerak cepat mengindetifikasi dan merawat warga yang terinfeksi virus tersebut.

"Kami berupaya maksimal dengan menerapkan pemeriksaan secara masif kepada kontak erat pasien positif,” kata Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas, Simon Biring, Minggu 15 November 2020.

Dia menambahkan upaya menekan angka kematian dilakukan sejak ditetapkan status pandemi Covid-19 di Barito Timur dengan tracking kontak erat, rapi test dan treatment.

"Kalau ada yang positif langsung dilakukan tracking kontak eratnya untuk menjalani rapid test maupun swab test agar segera ditemukan kasus-kasus baru dan ditangani lebih dini sehingga dapat menghindari kondisi yang dapat menyebabkan kematian," jelasnya.

Simon yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur menambahkan upaya ini selain menekan angka kematian sekaligus meningkatkan persentase kesembuhan.

Lanjutnya, persentase kesembuhan saat ini mencapai 83,38 persen. Meski demikian dia mengkhawatirkan jika terjadi lonjakan kasus positif yang signifikan, pasalnya tenaga kesehatan untuk penanganan Covid-19 di Barito Timur masih terbatas.

Menurutnya, upaya maksimal gugus tugas perlu diimbangi dengan dukungan masyarakat yang disiplin menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. "Kalau terjadi lonjakan kasus positif, tenaga kesehatan akan kewalahan,” katanya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru