Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gunakan Dana Desa Secara Efektif dan Efisien

  • Oleh Anthoneal
  • 30 Oktober 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Selama tiga tahun sejak tahun 2017 hingga 2019, Desa Sangal, Kecamatan Rungan Hulu tidak pernah melakukan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Kini di tahun anggaran 2020, desa itu akhirnya bisa melakukan pencairan ADD dan DD.

”Dengan sudah dilakukan pencairan ADD dan DD tahun anggaran 2020, kami minta kepada Pemerintah Desa Sangal untuk menggunakan dana itu secara efektif dan efisien,” ucap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Pebrianto, belum lama ini.

Penggunaan ADD dan DD yang efektif dan efisien itu, kata Pebrianto, untuk mengejar ketertinggalan pembangunan di Desa Sangal. Dalam menggunakan dana tersebut, Pemerintah Desa Sangal juga harus selalu berkoordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), para tokoh, dan pihak terkait lain.

”Dengan demikian, dana itu benar-benar digunakan secara efektif dan efisien, demi kemajuan pembangunan desa dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Dia pun berpesan kepada Pemerintah Desa Sangal, agar selalu berpedoman pada aturan dan ketentuan yang berlaku, saat menggunakan ADD dan DD yang telah dicairkan tersebut, sehingga tidak ada perangkat desa yang terjerat permasalahan hukum.

”Jangan sampai ada perangkat desa yang terjerat permasalahan hukum, karena melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku,” tegas Legislator dari daerah pemilihan (dapil) II mencakup Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gumas Yulius mengatakan, Pemerintah Desa Sangal telah melakukan pencairan ADD dan DD tahap pertama tahun 2020. Saat ini, mereka tengah memproses agar dana tahap kedua dapat segera dicairkan.

”Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Desa Sangal yang sudah berupaya maksimal, sehingga pencairan ADD dan DD tahap pertama tahun 2020 bisa dilakukan. Diharapkan proses pencairan tahap kedua bisa segera diselesaikan,” pungkasnya. (nth)

Berita Terbaru