Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pokdakan Satu Sekata Kembali Rintis Budidaya Ikan Patin

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 November 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Satu Sekata yang berada di Desa Cemara Labat, Kecamatan Kapuas Kuala kembali merintis budidaya ikan patin.

Pihaknya sebelumnya sudah membudididaya ikan selama kurang lebih tiga tahun dan ikan Patin merupakan produksi utama. Tetapi sempat berhenti.

Ketua Pokdakan, Mahani menerangkan bahwa sebelumnya kelompok budidaya ikan yang diketuainya memilih vakum produksi, karena pemasaran ikan Patin masih dihargai murah.

“Ini kita baru merintis lagi setelah sempat vakum, karena biaya produksi tidak sesuai dengan hasil keuntungan yang kita peroleh,” kata Mahani

Pokdakan ini dikatakannya kembali merintis dengan mengusulkan bantuan pada Musrembang tahun lalu. “Saya berharapnya semoga ke depannya lagi harga ikan patin bisa lebih bagus, sehingga produksi kita juga bisa berjalan berkelanjutan,” harapnya.

Sebelumnya, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas telah menyerahkan bantuan berupa benih ikan Patin sebanyak 48 ribu ekor, pakan ikan sebanyak 8,7 ton dan 1,6 ton kapur kepada Pokdakan Satu Sekata beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut, puluhan kantong bibit ikan Patin ditebar di kolam milik Pokdakan Satu Sekata. “Bantuan kali ini adalah usulan masyarakat tahun 2020 melalui Musrembang yang kemudian diakomodir pokok pikiran dewan, selanjutnya diteruskan ke pemerintah daerah serta dicairkan dengan Dana APBD. Kelompok ini kebetulan salah satu sasarannya tahun ini,” ucap Darmawan. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru