Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyusunan RAPBD 2021 Diupayakan Akomodasi Setiap Program Secara Terukur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 November 2020 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas mengatakan, dalam penyusunan RAPBD 2021, pemerintah daerah telah berupaya semaksimal mungkin mengakomodasi setiap program dan kegiatan secara konkrit serta terukur.

"Sehingga menghasilkan APBD yang benar-benar mencerminkan kebutuhan riil di masyarakat dan daerah, melalui kebijakan anggaran yang responsibel dan akuntabel terhadap aspirasi serta kebutuhan masyarakat," kata Ampera saat menyampaikan nota keuangan dan RAPBD dalam rapat paripurna XIII masa sidang I DPRD Barito Timur, Senin, 16 November 2020.

Menurutnya, tantangan besar bagi Pemkab Barito Timur tahun 2021 adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan penunjang dan kesehatan, peningkatan penyediaan lapangan kerja, serta penanganan pandemi covid-19.

"Oleh sebab itu perlu ada sinkronisasi antara seluruh OPD dalam penyusunan program dan alokasi anggaran, agar lebih banyak diarahkan pada program yang menunjang pembangunan terintegrasi antar OPD,"  ujar Ampera.

Dia menjelaskan, hal tersebut guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan.

Sementara itu Ketua DPRD Barito Timur, Nur Sulistio menjelaskan, setelah kepala daerah menyampaikan nota keuangan, DPRD mengagendakan tanggapan fraksi pendukung dewan terkait pengajuan nota keuangan tersebut.

"Sebelum masuk pada pembahasan bersama, besok fraksi pendukung dewan akan memberikan tanggapan terhadap nota keuangan kepala daerah," kata Nur Sulistio. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru