Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upaya Melestarikan Kuliner Warisan Leluhur di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 16 November 2020 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Lamang merupakan makanan khas Kalimantan yang terbuat dari beras ketan dicampur dengan air perasan kelapa kemudian dimasak dengan menggunakan bambu. Namun, Lamang kini sudah jarang ditemui.

Untuk melestarikan makanan khas tersebut, Dinas Budparpora Kabupaten Barito Utara mencoba mengangkat kembali tradisi tersebut dengan melaksanakan kegiatan proses memasak lamang atau Malamang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada salah satu objek wisata yakni Air Terjun Jantur Doyam di KM 18 arah Muara Teweh - Puruk Cahu.

Plt Kepala Dinas Budparpora Kabupaten Barito Utara, Annisa Cahyawati, Senin 16 November 2020 mengungkapkan, Malamang untuk mempelajari teknik pembuatan kuliner tradisional khas Dayak yang dipandu 2 ahli asal Kandui, Kecamatan Gunung Timang.

“Kegiatan ini adalah dalam rangka upaya kita melestarikan kearifan lokal sehingga tetap terjaga kelestariannya. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap kelestarian budaya,” kata Annisa.

Menurutnya, filosofi “Malamang” yang sangat dalam, yakni mencerminkan kebersamaan, gotong royong, gambaran sikap sabar, solid, serta kerukunan dalam satu tatanan kehidupan sosial yang bertoleransi.

Dia juga mengharapkan dan mengajak seluruh generasi muda milenial untuk bersama-sama berkreasi, berinovasi, dan mengambil peran dalam merawat serta mengembangkan kekayaan budaya yang ada di daerah ini.

“Kita harus bangga dengan budaya yang dimiliki, berkreasi untuk memanfaatkan kekayaan budaya dengan baik, menjadi alternatif pilihan dalam hal ekonomi kreatif yang sangat dibutuhkan untuk pemulihan ekonomi,” kata dia. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru