Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potret Pedalaman Kotim di Wilayah Utara: Panas Berdebu, Hujan Becek dan Licin

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 November 2020 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini, infrastruktur wilayah pedalaman Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih harus menjadi fokus pembanguan pemerintah daerah. 

Itu karena pada saat cuaca panas. jalan akan berdebu dan mengganggu pandangan mata hingga kesehatan masyarakat. Sedangkan pada saat hujan turun, jalan menjadi becek bahkan licin. 

Kondisi itu sangat dikeluhkan masyarakat. Mereka berharap, pemerintah daerah bisa memperhatikannya dengan lebih fokus membangun infrastruktur pedalaman. 

"Kami di sini sangat mengimpikan jalan yang beraspal, bukan jalan tanah yang becek seperti yang ada saat ini," ujar Timbang, salah seorang warga Kecamatan Antang Kalang. 

Jalan rusak tersebut berada di beberapa kecamatan di wilayah Utara Kotim. Terutama menuju sejumlah desa yang berada di Kecamatan Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Tualan Hulu, Bukit Santuai dan Parenggean. Untuk sejumlah jalan poros di daerah tersebut, kondisinya sudah beraspal.

Keadaan jalan rusak itu bukan hanya mempersulit kendaraan yang melintas. Namun terkadang sangat membahayakan, baik itu terhadap pengendara roda dua, empat, dan enam.

"Keadaan seperti ini sudah menjadi makanan sehari-hari kami. Namun kami tidak henti-hentinya berharap agar pembangunan infrastruktur di pedalaman ini menjadi hal yang utama diperjuangkan pemerintah," harap Timbang. 

Sekadar diketahui, pemerintah Provinsi Kalteng sejak beberapa tahun terakhir tengah fokus membangun infrastruktur jalan provinsi yang ada di daerah tersebut. Bahkan sebagian sudah selesai diaspal. 

Hanya saja, yang saat ini perlu diperhatikan adalah jalan masuk ke sejumlah desa yang rata-rata masih berkontruksi tanah. Sehingga, saat musim penghujan akan becek dan licin. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru