Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Dinilai Jadi Pusat Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi di Kalteng

  • Oleh Naco
  • 17 November 2020 - 15:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kotawaringin Timur, Bima Santoso menilai Kabupaten Kotim merupakan salah satu pusat pertumbuhan sosial dan ekonomi di Kalimantan Tengah. 

Karena itu, ia mendorong percepatan pembangunan infrastruktur bagi akselerasi ekonomi, distribusi hasil pertanian dan fasilitas pedesaan masyarakat harus segera dirampungkan.

"Kabupaten Kotim memiliki banyak potensi strategis, baik sumber daya alam, pertanian, pariwisata, dan jasa serta lainnya, ini harus dimaksimalkan, salah-satunya dengan kesiapan infrastruktur," kata kata Bima, Selasa, 17 November 2020.

Namun demikian, kata dia, seluruh potensi Kabupaten Kotim tersebut hingga kini belum dikelola dengan baik. Itu terlihat salah satunya dari Indeks Prestasi Manusia (IPM) Kotim yang menempati posisi ke-4 se Kalimantan Tengah.

"Harusnya dengan kondisi Kotim sekarang sudah berada di peringkat  1 atau 2," tukasnya.

Untuk itu, terkait dengan Pilkada Kabupaten Kotawaringin Timur, Bima berharap kemajuan Kotim dapat terealisasi melalui bakal calon yang terpilih nantinya.

“Saya berharap  tokoh masyarakat dan komunitas kepemudaan dapat tetap memberi masukan dan kritikan terhadap lembaga legislatif dan eksekutif, karena saya berkomitmen untuk berjuang terhadap kesejahteraan warga Kotim dari ujung selatan sampai utara baik itu terhadap pendidikan, guru, pertanian, pengembangan sumber daya alam, sumberdaya manusia dan UMKM,” ucapnya.

Bima juga menyarankan pentingnya mensinergikan seluruh kekuatan masyarakat, mulai pelaku UMKM, para pemuda, para guru ngaji, serta ekonomi rumah tangga yang menjadi penyangga kokohnya ekonomi. 

Sebab, sebagai daerah yang mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian, Kotim harus benar-benar mendapat perhatian pemerintah daerah melalui berbagai kebijakan daerah. (NACO/B-7)

Berita Terbaru