Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Desa Luwe Hulu Penuhi Air Bersih Masyarakat

  • Oleh Ramadani
  • 17 November 2020 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Desa Luwe Hulu, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara memanfaatkan dana desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seperti ketersediaan air bersih. Pemdes Luwe Hulu membuat saluran dari mata air pegunungan untuk masyarakat.

"Air bersih merupakan kebutuhan pokok masyarakat Desa Luwe Hulu saat ini, karena warga hampir seluruhnya meninggalkan air Sungai Barito untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Kepala Desa Luwe Hulu, Arisandi, Selasa 17 November 2020.

Dia menerangkan bahwa, untuk penyaluran air dari pegunungan, pihaknya harus menembus hutan dan semak belukar dengan jarak mencapai 2 kilometer.

“Air bersih ini disalurkan menggunakan sistem gravitasi, dari bukit turun ke dataran rendah. Pengelolaan air bersih ini kami serahkan ke BUMDes Liang Santuyun,” kata Arisandi.

Untuk jumlah pelanggan pengguna air bersih ini sebanyak 351 rumah. Dan sumbernya berasal dari DD. Menurutnya, untuk kendala saat ini debit air yang dibutuhkan hampir tidak mencukupi kebutuhan masyarakat desa. Terkait itu, pihaknya akan berencana membuat sumur-sumur bor di sekitar desa.

Sementara itu, Egon salah seorang penduduk setempat mengatakan sangat terbantu dengan adanya air bersih dari pegunungan. Airnya bahkan layak untuk mencuci, mandi, dan air minum.

“Bahkan kadang-kadang air ini langsung kami minum tanpa direbus karena bersih dan jernih. Untuk perawatan sarana dan prasarananya, kami siap membantu pemdes," kata dia. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru