Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Ikuti Asistensi Percepatan Penyerapan Anggaran APBD 2020 Secara Virtual

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 November 2020 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang mengikuti kegiatan asistensi percepatan penyerapan anggaran APBD tahun 2020 secara virtual dari ruang rapat bupati, Selasa 17 November 2020.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Kementerian Dalam Negeri yang mendorong seluruh pemerintah daerah untuk membentuk tim asistensi percepatan penyerapan APBD. Hal ini tertuang dalam Surat Menteri Dalam Negeri bernomor 903.05/5999/SJ 2 November 2020.

Surat yang ditujukan kepada seluruh gubernur dan bupati, walikota seluruh Indonesia ini menyebutkan tingkat rata-rata penyerapan APBD secara nasional sampai 30 September 2020 untuk pemerintah provinsi masih sebesar 54,93 persen dan untuk kabupaten dan kota sebesar 50,60 persen yang masih berada di bawah angka rata-rata penyerapan APBN sebesar 60,77 persen.

Dalam surat yang ditandatangani Mendagri Muhammad Tito Karnavian ini penyerapan APBD yang masih belum optimal disebabkan oleh beberapa hal di antaranya karena dinamika kebijakan pemerintah, kurangnya pemahaman pengelola anggaran terhadap regulasi dan adanya kekhawatiran terhadap dampak hukum.

Mendagri memerintahkan seluruh kepala daerah untuk membentuk tim asistensi percepatan penyerapan APBD yang terdiri dari unsur Inspektorat Daerah, Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kejaksaan dan kepolisian daerah.

Usai kegiatan asistensi secara virtual, Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang langsung membahas perangkat daerah yang penyerapan anggarannya masih rendah dan kendala yang dihadapi serta langkah yang ditempuh untuk mempercepat proses penyerapan anggaran yang ada.

"Saya minta kepada peserta hadir di ruang rapat ini yang realisasi penyerapan anggarannya masih rendah untuk dapat menyampaikan permasalahan yang ada dan langkah-langkah yang diambil untuk mengatasinya, serta segera menyampaikan hasilnya," katanya.

Dia meminta kepada semua perangkat daerah yang hadir untuk saling berkoordinasi dan bersinergi untuk membangun Kabupaten Katingan. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru