Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Klaster Keluarga Jadi Salah Satu Pemicu Peningkatan Kasus Covid-19 di Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 November 2020 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Klaster keluarga jadi salah satu pemicu peningkatan kasus virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), hingga menjadikan daerah ini status naik menjadi zona merah. 

"Peningkatan kasus dipicu kontak erat keluarga, ada suami dan istri, bapak dan anak, anak dan ibu, dan seterusnya. Mereka rata-rata dikumpulkan dalam satu kamar," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotim Multazam, Rabu, 18 November 2020. 

Saat ini, jumlah pasien dalam perawatan mencapai 123 orang, dari total 513 yang terkonfirmasi. Jumlah pasien sembuh mencapai 373 orang, dan pasien meninggal dunia terus meningkat hingga menyentuh angka 17 orang. Update kasus Covid-19 di Kotim sendiri biasanya dilakukan pada pukul 12.00 WIB atau 14.00 WIB. 

Peningkatan kasus yang signifikan tersebut terjadi sejak awal November 2020 lalu. Hal itupun menjadi sebuah perhatian bagi Satgas Covid-19. Karena mereka khawatir, penyebaran virus semakin meluas nantinya. 

"Saat ini kami terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Terutama dalam penerapan protokol kesehatan," kata Multazam. 

Saat ini, pihaknya juga telah memutuskan untuk tidak lagi mengizinkan sekolah memberikan pembelajaran tatap muka. Dan baru akan dibuka kembali setelah nantinya kondisi kasus Covid-19 di Kotim sudah aman. 

"Kami harap masyarakat selalu gunakan masker, hindari kerumunan, dan selalu cuci tangan atau gunakan hand sanitizer," harap Multazam. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru