Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diversifikasi Pangan Lokal Non Beras, Begini Kata Asisten Perekonomian Pembangunan

  • Oleh Donny Damara
  • 18 November 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pandemi covid-19 yang terjadi saat ini berdampak besar bagi masyarakat termasuk dari sisi ekonominya. Diversitifikasi pangan non beras dinilai bisa menjadi salah satu solusi penting untuk terus menjaga bahkan memantapkan ketahanan pangan.

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mnelalui Asisten Perekonomian Pembangunan, Nurul Edy mengatakan, ada berbagai tantangan dalam upaya mewujudkan pemantapan ketahanan pangan di masa pandemi.

Di antaranya terjadi perubahan budaya yang harus mengikuti protokol kesehatan, penurunan daya beli masyarakat, menurunnya pertumbuhan ekonomi dan belum meratanya masyarakat mengonsumsi makanan yang memenuhi gizi seimbang dan aman.

"Sehingga permintaaan bahan pangan lebih banyak tertuju pada beras. Kemudian pemanfaatan lahan terlantar yang masih belum optimal," ujar Edy Rabu, 18 November 2020 saat menggelar sosialisasi diversitifikasi pangan non beras di dinas ketahanan pangan Kalteng.

Maka dari, itu lanjut dia, merupakan tugas bersama untuk gencar melakukan sosialisasi diversitifikasi pangan lokal non beras sampai tingkat rumah tangga dan juga sebagai ketahanan pangan keluarga.

"Kita berharap dengan adanya gerakan diversitifikasi pangan non beras ini dapat menurunkan ketergantungan masyarakat akan konsumsi beras dan meningkatkan konsumsi pangan lokal non beras," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru