Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Informasi Geospasial Penting untuk Perencanaan Pembangunan di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 18 November 2020 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Manajemen data dan informasi geospasial (IG) dinilai sangat penting guna mendukung proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring serta evaluasi pembangunan di Kota Palangka Raya.

Hal tersebut disampaikan Asisten II Setda Kota Palangka Raya Amandus Frenaldi saat membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin pada bimbingan teknis (Bimtek) IG di Aula Peteng Karuhei II, Rabu 18 November 2020.

Amandus menyampaikan melalui kegiatan bimtek tersebut, setidaknya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan jaringan informasi geospasial di Kota Palangka Raya.

Pengelolaan jaringan informasi geospasial tersebut, kata dia, telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 27 Tahun 2014.

“Pemko mengadakan bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang data dan informasi geospasial, standarisasi maupun manajemen kualitas,” ucapnya.

Pembangunan IG disuatu daerah membutuhkan dana yang cukup besar maka dari itu dalam pelaksanaannya dituntut harus efisien, multi fungsi dan multi guna, serta transparan, bersih, dan akuntabel.

“Terlebih Pemko Palangka Raya diberikan tanggung jawab untuk menyediakan data geospasial (DG) dan IG dengan harapan mampu membantu kebutuhan DG dan IG nasional,” pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru