Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Temukan Trenggiling Saat Jaga Malam di Kantor Pemerintahan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 November 2020 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seorang warga bernama Ariadi menyelamatkan seekor hewan dilindungi yakni trenggiling di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat sedang jaga malam.

"Hewan ini ditemukan disekitaran kantor, karena khawatir ada yang menangkapnya dengan maksud untuk dijual, sehingga Ariadi menangkapnya," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah saat mengevakuasi hewan ini dari rumah Ariadi, Rabu 18 November 2020.

Hewan bersisik ini ditemukan Ariadi saat dia bersama dua rekannya sedang bertugas jaga malam, Jumat 13 November 2020.

Dia melihat hewan ini berkeliaran, sehingga dia berinisiatif menyelamatkan hewan dilindungi ini agar jangan sampai ditemukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi lokasi ditemukannya trenggiling berada di kawasan padat arus lalu lintas.

"Ariadi sempat membawa hewan ini ke dokter hewan, karena melihat kondisinya yang lemah dan setelah diperiksa kesehatannya, hewan itu tidak mengalami sakit," katanya.

Setelah pemeriksaan, dia menghubungi BKSDA Pos Jaga Sampit dengan harapan hewan dilindungi ini bisa terselamatkan. Hingga pada hari ini trenggiling itu dievakuasi.

Trenggiling ini akan dibawa ke Pangkalan Bun untuk dilakukan pemeriksaan dan rehabilitasi. Jika dinyatakan sehat, maka akan langsung dilepasliarkan di kawasan swaka margasatwa Lamandau. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru