Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Warga Binaan Lapas Pangkalan Bun Jalani Pemeriksaan HIV

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 November 2020 - 14:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya memberikan pelayanan yang baik kepada warga binaan pemasyarakatan atau WBP, salah satunya terkait pelayanan kesehatan, Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun menggelar pemeriksaan HIV (Human Immunodeficiency Virus) pada Kamis, 19 November 2020.

Pemeriksaan dilakukan oleh Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat. Seluruh WBP yang menjalani pemeriksaan harus diambil sampel darahnya untuk mengetahui indikasi penyakit menular yang diderita. Hal ini, sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit menular, selain Covid-19.

Kalapas Pangkalan Bun melalui Kasi Binadik & Giatja, Peni Hadi Sutrisno mengatakan, pemeriksaan HIV ini merupakan langkah penanggulangan sejak dini penyebaran penyakit HIV di dalam Lapas.

"Pemeriksaan akan berlangsung selama 2 hari, dengan pemeriksaan itu bisa segera diketahui apakah WBP dalam keadaan sehat atau mengadakan penyakit, dengan begitu penyebaran penyakit menular di Lapas Pangkalan Bun bisa ditindaklanjuti dengan penanganan medis," ujarnya.

Peni menambahkan, berkenaan dengan hasil pemeriksaan tersebut akan dirahasiakan, agar WBP yang nantinya terindikasi mempunyai penyakit HIV tidak dikucilkan. Di sisi lain, seluruh Petugas mendoakan agar seluruh hasil pemeriksaan HIV negatif.

"Tentunya ini merupakan langkah-langkah antisipasi untuk memastikan WBP sehat serta bentuk layanan maksimal kepada warga binaan," tuturnya.

Acara yang berlangsung di Aula Lapas Pangkalan Bun ini berjalan dengan aman dan lancar serta tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru