Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Hulu Sungai Utara Belajar Pengolahan Sampah Non Organik di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 19 November 2020 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok - DPRD Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja ke DPRD Barito Selatan untuk mempelajari pengelolaan sampah non organik.

"Dari hasil kunjungan kerja ini, kami dapatkan informasi sampah betul-betul dimanfaatkan dengan baik," kata Wakil Ketua DPRD HSU, Mawardi, Kamis, 19 November 2020.

Ia mengatakan, sampah-sampah yang dikelola tersebut dikumpulkan dan pada akhirnya dapat menambah pendapatan masyarakat. Sedangkan sampah basah dapat dijadikan dijadikan pupuk organik yang bermanfaat bagi pertanian dan perkebunan di Kabupaten HSU.

Menurutnya, untuk di Kabupaten HSU, pengelolaan sampahnya masih belum ke arah itu, walaupun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah sudah ada sejak lama.

"Malah kabupaten tetangga kami seperti Balangan dan Tabalong sudah bisa memanfaatkan sampah pada TPA tersebut karena lahannya luas," beber Mawardi.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengupayakan kepada Pemkab HSU agar memanfaatkan sampah-sampah non organik dan organik tersebut.

"Sebab kalau sampah non organik dikelola dengan baik akan menambah pendapatan masyarakat. Begitu juga sampah organik yang bisa dibuat menjadi pupuk atau kompos," ucap dia.

Sementara Kabag Umum DPRD Barito Selatan, Herlina T. Rinti mengucapkan terima kasih kepada DPRD HSU yang telah berkunjung ke Barito Selatan.

"Dalam pertemuan tersebut, kita sudah menyampaikan bahwa di Barito Selatan ada Bank Sampah dan sudah berjalan dengan baik," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru