Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Palangka Raya Sosialisasikan Keselamatan Kerja Bagi Nelayan

  • Oleh Hendri
  • 19 November 2020 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perikanan Palangka Raya mensosialisasikan keselamatan kerja kepada 30 perwakilan kelompok tangkap ikan atau nelayan.

Petugas dan penyuluh perikanan menyampaikan beberapa tips agar menjaga keselamatan selama penangkapan ikan.

Pertama, pihaknya mengimbau agar nelayan menggunakan peralatan menangkap ikan yang legal seperti jaring. Sehingga hasil tangkapannya pun merupakan ikan legal.

Mereka mengingatkan illegal fishing bisa ditindak tegas ke ranah hukum dengan sanksi dipenjara atau diberikan denda maksimal sebanyak Rp 1,2 miliar.

“Keselamatan masyarakat yang menangkap ikan merupakan salah satu hal yang kami prioritaskan, terutama sebagai instansi teknis,” kata Kepala Dinas Perikanan Palangka Raya, Indriarti Ritadewi.

Tips keselamatan selanjutnya, nelayan harus memperhatikan daya tampung dari perahunya sehingga saat melakukan aktivitas penangkapan ikan tidak terjadi  hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, nelayan dan kelompok penangkap ikan ini diminta selalu waspada dengan adanya cuaca yang cukup ekstrem akhir-akhir ini, serta diimbau untuk melakukan  penangkapan ikan pada cuaca yang stabil.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berpesan agar nelayan menggunakan rompi pelampung. Sehingga jika terjadi kecelakaan tetap bisa mengapung dan bisa berenang ketepi untuk menyelamatkan diri.

“Sosialisasi ini merupakan salah satu perwujudan dan kepedulian Wali Kota Palangka Raya kepada masyarakat, terutama kepada kelompok penangkap ikan yang hadir di kegiatan ini,” pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru