Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Paku Tingkatkan Kegiatan Pertanian di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 November 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur terus meningkatkan kegiatan pertanian meskipun di tengah pandemi covid-19. 

"Tujuan kami supaya petani tidak mengalami kerawanan pangan yang dapat memperparah dampak dari pandemi ini," ungkap Koordinator BPP Paku Asbel Serep, di sela kegiatan pelatihan peningkatan pemanfaatan lahan pekarangan di gedung serbaguna Desa Tampa, Jumat, 20 November 2020.

Dia mengungkapkan, memasuki musim tanam Oktober-Maret, petani pada 12 desa di wilayah kerja BPP Paku sudah mulai menyemai benih padi.

"Sebagian sudah mulai menanam.  Kami berharap pada musim tanam kali ini luas tanam dapat ditingkatkan dibanding tahun sebelumnya sehingga mencapai hampir 1.500 hektare," imbuh Asbel.

Menurut dia, selain tanaman padi, BPP Paku juga berusaha agar luas tanam jagung pada musim tanam kali ini dapat ditingkatkan.

"Tahun lalu 153 hektare. mudah-mudahan pada musim tanam ini bisa ditingkatkan karena ada program dari pemerintah daerah bidang pertanian untuk pengembangan jagung di Desa Patung dan Kupang Baru seluas 5 hektare yang digarap oleh sapras," lanjutnya

Untuk peningkatan pemanfaatan lahan pekarangan, BPP Paku juga menempatkan tenaga teknis di setiap desa sehingga membantu masyarakat meningkatkan potensi lahan pekarangan menjadi sumber ekonomi berupa apotek hidup dan lumbung hidup.

"Apotik hidup itu berupa kunyit, jahe, serai, kencur dan lain-lain sedang lumbung hidup yaitu dimanfaatkan untuk menanam sayuran-sayuran," jelas Asbel. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru