Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyelenggara Pemilu Perlu Awasi Media Sosial Selama Pilkada Kalteng

  • Oleh Hendri
  • 20 November 2020 - 20:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Tantawi Jauhari mendorong penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu untuk memaksimalkan pengawasan terhadap jalannya pilkada, terutama dalam penggunaan sosial media.

Hal itu perlu dilakukan untuk meminimalisasi pelanggaran aturan dan demi menjaga stabilitas politik serta menjamin kelancaran pelaksanaannya.

Menurutnya Paslon kepala daerah Kalimantan Tengah saat ini tentu ingin meraih simpati masyarakat dengan berbagai strategi politik

Mulai dari cara konvensional melalui kampanye terbuka dan pemasangan spanduk hingga menggunakan sosial media sebagai sarana untuk menggaet simpati masyarakat.

“Dunia maya menjadi wadah yang paling mudah dimanfaatkan untuk melakukan kampanye karena semua pihak bisa mengaksesnya. Di sisi lain, efek dari penyebaran informasi bisa menjadi positif atau negatif, ada pro dan kontra di dalamnya," ujarnya, Jumat 20 November 2020.

Sebab itu harus ada pengawasan terhadap norma yang ditetapkan dan dipatuhi terkait penyebaran informasi kampanye melalui media sosial.

Politisi Partai Gerindra ini juga meminta kepada pihak terkait untuk bisa mengawasi tidak hanya akun-akun resmi, namun juga akun tak resmi karena dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk menyebarkan kampanye hitam maupun berita tak benar yang mampu meresahkan dan mengganggu keamanan ketertiban masyarakat. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru