Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perawat di Kapuas Lakukan Donor Darah Peringati Hari Kesehatan Nasional

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 November 2020 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kapuas menggelar sejumlah kegiatan bakti sosial dan di antaranya mendonorkan darah dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 56.

Kegiatan yang bertemakan Bukti Cinta PPNI Kepada Sesama ini bertempat di unit transfusi daeah RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Sabtu 21 November 2020.

Mereka juga membagikan masker, sabun cuci tangan dan hand sanitizer kepada yang memerlukan, membagikan leaflet atau brosur informasi kesehatan tentang Covid-19, dan lainnya.

Kasi Rawat Jalan Keperawatan RSUD Kapuas, Elvina Togalami sekaligus mewakili para perawat ini menjelaskan kebiasaan mendonorkan darah memiliki segudang manfaat. Selain tujuan amal darah kepada orang lain yang membutuhkan transfusi darah.

"Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya," katanya.

Jadi pendonor tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan dari mendonor darah.

Adapun manfaatnya mulai dari menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, dan dapat mendeteksi penyakit serius lebih dini.

“Semoga dengan kegiatan kemanusiaan ini dapat bermanfaat, khususnya anggota PPNI Cabang Kapuas supaya selalu diberikan kesehatan dalam melayani masyarakat, dan hasil donor darah yang dikumpulkan dapat berguna bagi pasien khususnya yang sedang dirawat di rumah sakit,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru