Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator ini Nyatakan Siap Fasilitasi Ketersediaan Listrik di Pelosok, Warga Diminta Siapkan Usulan dan Fotokopi KTP

  • Oleh Naco
  • 22 November 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, H Rambat menyatakan siap membantu memfasilitasi pengusulan jaringan listrik ke desa-desa di kawasan pelosok.

"Buat usulan disertai tanda tangan dan fotokopi KTP warga serta  perangkat desa untuk diusulkan ke PLN. Karena saya juga ada membantu mengajukan dua desa di Telawang. Arahan PLN seperti itu. Mudah-mudahan bisa dipenuhi," kata Rambat, Minggu, 22 November 2020

Pernyataan anggota Fraksi PKB ini menanggapi banyaknya keluhan terkait desa yang belum tersentuh jaringan listrik PLN.

Menurutnya, saat ini masih banyak desa yang belum terjangkau jaringan listrik PLN, sehingga warga mengandalkan penerangan dari genset maupun tenaga surya. 

Desa yang belum terjangkau jaringan listrik PLN umumnya berada di wilayah utara atau hulu. Seperti meliputi Kecamatan Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Tualan Hulu, dan Bukit Santuai.

Luasnya wilayah dan sulitnya medan menjadi kendala yang masih dihadapi PLN dalam memperluas jaringan ke desa-desa. Namun masyarakat sangat berharap ada solusi yang ditempuh karena listrik sangat dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

Rambat mengaku sudah pernah berkonsultasi dengan PLN terkait masalah itu, karenanya dia berani menyarankan dan siap membantu memfasilitasi.

Meski belum tentu langsung disetujui karena PLN akan melihat lokasi dan akses desa, namun setidaknya usulan itu akan menjadi perhatian PLN dalam mencarikan solusinya.

Saat ini ada 49 desa yang belum terjangkau jaringan listrik PLN. Pihaknya menargetkan semua desa sudah teraliri listrik paling lambat 2024 mendatang. Kendala yang sering  dihadapi PLN, di antaranya keterbatasan akses dan rumitnya sisi perizinan, seperti saat jalur harus melalui perkebunan sawit. (NACO/)

Berita Terbaru