Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rancangan APBD Kalteng Fokuskan Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19

  • Oleh Donny Damara
  • 23 November 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pada sidang paripurna ke-7 masa sidang III tahun 2020 yang beragendakan penyampaian nota keuangan dan raperda tentang rancangan APBD tahun anggaran 2021 oleh pihak Pemprov Kalteng akan memfokuskan pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Gubernur Kalteng yang diwaikili oleh Sekda Kalteng Fahrizal Fitri dalam pidatonya.

"Rancangan APBD tahun 2021 ini Pemprov Kalteng akan fokus terhadap pemulihan ekonomi serta melanjutkan penuntasan penganan Covid-19," ucapnya Senin, 23 November 2020.

Kemudian rancangan APBD ini juga merupakan cerminan niat pemerintah daerah untuk mewujudkan sinergitas upaya pemulihan peningkatan ekonomi Nasional dan daerah serta memenuhi kehendak masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

"Yang diselaraskan dengan prinsip keadilan serta lebih fokus kepada 4 hal, yakni terhadap pembangunan dibidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi secara luas," terangnya.

Dia menjelaskan dalam pembangunan bidang infrastruktur pihak Pemprov Kalteng akan melanjutkan proyek multiyear tahap 2 yang meliputi pembangunan beberapa ruas jalan di Kabupaten Kota se-Kalteng.

Kemudian pada bidang kesehatan akan memfokuskan penganggaran belanja APBD sebagian besar untuk penanganan pandemi Covid-19 dan juga proses penerapan protokol kesehatan.

"Pada bidang sosial ekonomi Pemprov Kalteng memberikan bantuan usaha permodalan serta bantuan sosial kepada masyarakat atau pelaku usaha yang terdampak," jelasnya.

Dia berharap rancangan APBD yang sudah diprogramkan tersebut dapat disetujui oleh DPRD Kalteng dalam rapat paripurna agar semua program yang direncanakan bisa direalisasi untuk kejahteraan masyarakat Kalteng. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru