Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Selatan bersama TAPD Kebut Bahas Program SOPD

  • Oleh Uriutu
  • 23 November 2020 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Kalangan DPRD Barito Selatan bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) membahas program masing-masing Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

"Untuk agenda pembahasan KUA - PPAS hari ini, menerima masukan dari komisi-komisi terkait program kerja masing-masing SOPD," kata Ketua DPRD Barsel, HM Farid Yusran, Senin, 23 November 2020.

Ia mengatakan, pembahasan yang sudah berjalan selama dua hari ini diharapkan bisa segera selesai, sehingga bisa dilakukan finalisasi.

Sementara terkait dengan rencana Pemkab melakukan pinjaman kepada pihak ketiga itu nantinya akan disepakati. Akan tetapi, persentase jumlah pinjamannya harus sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 121/2020, yakni paling banyak 5,2 persen dari total APBD.

"Kalau dihitung jumlah yang boleh utang dengan pihak ketiga itu sebesar Rp 50 miliar dan itu baru akan disepakati nantinya," jelas dia.

Disinggung terkait pengurangan kegiatan fisik dengan jumlah anggaran, Farid Yusran menyebutkan masih dilihat terlebih dahulu karena saat ini masih dalam pembahasan.

Sementara Sekda Barsel, Edy Purwanto mengatakan, masing-masing SOPD dalam kegiatan ini menyampaikan program yang disusun untuk kegiatan 2021 mendatang.

"Program kegiatan yang disusun tersebut dalam upaya mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kepala daerah," jelasnya.

Ia berharap kegiatan rapat ini bisa segera selesai sebelum batas waktu sesuai ketentuan pada 30 Nopember. Sedangkan untuk menutupi defisit anggaran, pihaknya berencana melakukan pinjaman dengan pihak ketiga.

"Mudah-mudahan dengan pinjaman tersebut bisa menutupi defisit anggaran dan kegiatan SOPD bisa berjalan dengan baik," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru