Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kobar Berikan Bimtek Penggunaan Aplikasi Sirekap Bagi PPK

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 November 2020 - 07:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk mempermudah dan mempercepat update rekapitulasi hasil Pemilu Kalteng 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng saat ini tekah menerapkan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap).

Agar sistem yang mengunakan platform handphone android ini bisa dipahami hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), untuk itulah KPU Kotawaringin Barat (Kobar), selama tiga hari mulai Senin, 23 November 2020 malam menggelar Bimbingan Teknis Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan Sirekap ditingkat TPS dalam Pemilihan serentak 2020.

Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan dalam bimtek ini, pihaknya menekankan pada tata cara penggunaan aplikasi Sirekap tersebut pada proses rekapitulasi pada saat Pilgub.

"Penerapan Sirekap dalam Pemilu Kalteng 2020 ini sebagai alat bantu sistem rekapitulasi pemungutan suara sirekap ini membeikan info yang cepat pada masyarakat tentang pemilu menjadi instrumen pengganti bagi salinan formulir," jelas Chaidir.

Menurut Chaidir, memang penghitungan manual tetap dilakukan dalam pemilu ini.

"Namun untuk mempercepat mengupdate hasil di tingkat TPS, hasil suara setelah penghitungan yang terdapat dalam formulir C Plano tersebut tinggal difoto menggunakan aplikasi Sirekap. Kemudian fotonya disave dan langsung masuk pada tabulasi KPU RI," jelas Chaidir.

Tentunya, lanjut Chaidir, dengan cara ini lebih praktis dibandingkan dengan sistem Situng yang penah digunakan dulu.

"Sekarang ini tidak perlu lagi melakuka scan pada hasil rekapitulasi suara. Kenapa kali ini PPK yang diberikan bimtek, tujuannya agar mereka bisa memahami cara kerja sistem Sirekap agar bisa meneruskannya melalui bimtek yang diikuti oleh tingkat KPPS di masing-masing Kecamatan," jelas Chaidir.(WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru