Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Biddokkes Polda Kalteng Bantu Identifikasi Jenazah Korban Laka Tambang di Kobar

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 24 November 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Disaster Victim Investigation (DVI) Biddokkes Polda Kalteng membantu melakukan identifikasi jenazah korban bencana kecelakaan tambang di Jalan Sei Seribu Kelurahan Pangkut Kecamatan Arut Utara, Kotawaringin Barat (Kobar), Senin 23 November 2020.

Tim yang dipimpin Kasubiddokpol Biddokkes Berty Susanti, melaksanakan pengambilan data antemortem terhadap tujuh korban dari keluarga dan rekan kerja serta pengambilan sampel DNA dari ayah kandung korban.

Kabid Dokkes Polda Kalteng Kombes Pol Danang Pamudji melalui Kasubiddokpol Berty Susanti, antemortem adalah pengumpulan riwayat dan data jenazah korban kecelakaan atau bencana. Proses tersebut masuk dalam proses identifikasi untuk mengungkap identitas jenazah. 

"Jadi Antemortem pengumpulan riwayat dan data korban sebelum meninggal dunia," tandasnya, Selasa 24 November 2020.

Dia menjelaskan, dalam proses antemortem terdapat dua kategori. Yakni pengambilan data primer yang terdiri dari sidik jari, data pemeriksaan gigi atau DNA. 

Kemudian lanjut Berty, untuk data sekunder terdiri data pelengkap korban. Seperti riwayat kesehatan dan informasi pakaian yang digunakan korban terakhir kali. 

"Sasaran yang masuk ke dalam antemortrm adalah keluarga atau orang yang dengan korban. Khusus DNA harus diambil dari keluarga segaris, seperti ibu, ayah dan anak korban," tuturnya. 

"Tim DVI Polda Kalteng akan tetap bertahan sesuai dengan informasi operasi bencana. Sesuai SOP Basarnas, maka operasi akan berlanjut hingga 25 November," tambahnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-5)

Berita Terbaru