Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Harus Betul-betul Sortir Surat Suara yang akan Didistribusikan

  • Oleh Naco
  • 24 November 2020 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, H. Hairis Salamad mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotim untuk betul-betul mensortir surat suara yang akan didistribusikan pada pemilihan kepala daerah 9 Desember 2020 mendatang. 

Di mana saat ini tengah dilakukan sortir surat suara oleh petugas dari KPU di gedung Indoor Stadion 29 Nopember Sampit.

Hal ini mengantisipasi adanya surat suara yang rusak bahkan robek sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya.

“Kami meminta agar KPU Kotim bisa mengawasi betul surat suara yang akan didistribusikan kepada seluruh TPS di Kotim nantinya, jangan sampai surat suara yang diberikan ada yang rusak, ada yang sobek bahkan ada yang tercoblos lebih dulu karena faktor  human error atau ketidaksengajaan,” kata Hairis Salamad, Selasa, 24 November 2020.

Hairis menyebutkan kerusakan surat suara itu sangat mungkin terjadi jika tanpa ada pengawasan akan pelipatan dan distribusi ke dalam TPS nantinya. 

Politisi PAN ini tidak ingin persoalan teknis demikian menganggu pelaksanaan pencoblosan di tanggal 9 Desember nantinya.

Seperti diketahui, warga yang direkrut membantu penyortiran dan pelipatan surat suara wajib mengikuti protokol kesehatan.  

Penyortiran dilakukan untuk memastikan surat suara yang digunakan dalam kondisi baik. Jika ada surat suara yang rusak akibat berlubang, buram, ada bercak dan kerusakan lainnya, harus segera dilaporkan kepada petugas untuk didata dan nantinya disampaikan kepada pihak rekanan untuk diganti surat suara baru. 

Proses selanjutnya adalah proses pengepakan dengan jumlah dalam satu ikatan adalah 25 surat suara. Setiap kotak terdiri dari 2.000 surat suara.  Surat suara ini akan dipergunakan 265.270 pemilih  di 894 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 17 kecamatan dan 185 desa/kelurahan. (NACO/B-5)

Berita Terbaru