Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Residivis Pemerkosa Dua Wanita Dikenai Pasal Berlapis

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 November 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra menegaskan, R (28) residivis pelaku pemerkosaan terhadap MW (23) dan HL (19) yang bekerja di sebuah warung di Jalan A Yani KM 5, Desa Sumur Kecamatan Dusun Timur pada tanggal 15-16 November 2020 akan dituntut dengan pasal berlapis.

Dia menjelaskan, tuntunan berlapis tersebut karena selain melakukan pemerkosaan pelaku juga merampas tas kedua korban yang berisi handphone dan uang dengan disertai ancaman menggunakan pisau saat perjalanan menuju tempat kejadian pemerkosaan di Desa Siong Kecamatan Paju Epat.

"Pertama, barangsiapa melakukan pencurian yang didahului, disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap orang dengan maksud untuk mempersiapkan atau mempermudah pencurian sebagaimana Pasal 365 Ayat 1 KUH Pidana diancam dengan hukuman 9 tahun penjara," kata Kapolres saat press release, Selasa 24 November 2020.

Pasal kedua yaitu barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seorang wanita bersetubuh dengan dia di luar perkawinan, diancam karena melakukan perkosaan sebagaimana dimaksud Pasal 285 KUH Pidana dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Afandi juga mengungkapkan, saat dilakukan penangkapan di Gang Pelita Kota Buntok Barito Selatan, pelaku sempat melakukan perlawanan terhadap petugas kepolisian dengan mencabut sebilah senjata tajam jenis parang yang dibawanya.


"Karena membahayakan nyawa dan keselamatan petugas kepolisian maka dilakukan tindakan secara tegas dan terukur dengan memberikan tembakan peringatan, namun pelaku tidak mengindahkan petugas sehingga diberi tembakan sebanyak satu kali dan mengenai kaki kanan," papar Afandi.

Selanjutnya pelaku dirawat di Puskesmas terdekat untuk kemudahan menjalani proses selanjutnya di Polres Barito Timur. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru