Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Buka Pertemuan Penguatan Kelembagaan Pengarustamaan Gender

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 November 2020 - 18:05 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi membuka pertemuan penguatan kelembagaan pengarustamaan gender atau PUG, Selasa,  24 November  2020.

Dalam acara yang berlangasung di Aula Bappelitbang ini,  Wakil Bupati Sunardi didampingi Kepala DP3AP2KB Kabupaten Katingan Rentas, dan Ispektur Kabupaten Katingan Megar. 

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Katingan sangat berkomitmen terhadap pelaksanaan pengarustamaan gender di sebagaimana pengarustamaan gender telah tertuang di dalam RPJMD Kabupaten Katingan periode tahun 2018-2023 serta misi Kabupaten Katingan 2018-2023 dalam misi ke 4 meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan derajat kesehatan serta keluarga berencana dan kesetaraan gender dan seluruh kebijakan-kebijakan yang diambil juga telah mengarah kepada kebijakan yang responsif gender. 

"Pelaksanaan Pengarustamaan Gender di Kabupaten Katingan sangat penting mengingat kaum perempuan pada saat ini secara umum masih menjadi kaum yang dinomorduakan karena adanya konstruksi sosial dimana Indonesia masih sangat kental dengan budaya patrihiarki," kata  Wakil Bupati Sunardi Litang.

Menurutnya, sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah dapat dirasakan dan dinikmati manfaatnya secara optimal oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk kaum perempuan, kelompok lanjut usia dan anak-anak. 

Di sisi lain tambahnya,  perempuan dan anak adalah kelompok yang rentan terhadap tindakan kekerasan, diskriminasi, pelecehan seksual serta memiliki beban ganda selain sebagai pengurus rumah tangga, perempuan juga harus ikut bekerja mencari nafkah untuk membantu ekonomo keluarga. 

seiring berjalannya waktu selama ini semakin paham dengan makna dari pengarustamaan gender.

"Jadi maksud dari pengarustamaan Gender ini bukanlah perempuan ingin menyaingi laki-laki, melainkan ada pembagian peran yang sama antara petempuan dan laki-laki baik dalam pekerjaan rumah tangga, mengurus anak, mencari nafkah bagi keluarga, semuanya dapat dikerjakan bersama-sama, bahu-membahu, tolong menolong antara suami dan istri sehinga dapat terbina keluarga yang berkualitas", katanya. 

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Katingan Rentas mengatakan,  selain dari Deputi Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, nara sumber pada kegiatan ini juga dari Kepala Bappelitbang Kabupaten Katingan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru