Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng: Segera Susun Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

  • Oleh Nopri
  • 25 November 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng Fahrizal Fitri meminta agar susunan rencana aksi daerah (RAD) perkebunan kelapa sawit berkelanjutan (PKSB) segera dilakukan.

"Hingga saat ini yang sudah menyusun RAD PKSB hanya Kabupaten Kotim. Oleh karena itu saya minta kabupaten yang belum, agar segera menyusul, terutama kabupaten yang banyak tutupan sawitnya," katanya, Rabu, 25 November 2020.

Fahrizal menjelaskan penyusunan RAD PKSB tersebut sebagai upaya dalam melakukan inventarisasi terhadap lahan pekebun sawit yang terindikasi dalam kawasan hutan.

"Melalui penyusunan RAD PKSB ini kita ingin meningkatkan produksi sawit serata meningkatkan legalitas lahan para pekebun sehingga para pekebun sawit dapat memperoleh sertifikasi ISPO/RSPO," jelasnya.

Selain itu, manfaat utama penerapan ISPO yaitu, membantu perusahaan mengidentifikasi kepatuhan hukum, karena persyaratannya tersebut berisi pemenuhan beberapa peraturan yang  sudah ada seperti peraturan lingkungan, pertanahan.


"Selanjutnya meningkatkan kesiapan tekanan pasar yang makin besar di masa akan datang, karena pembeli hanya akan membeli produk kelapa sawit dari kebun yang tersertifikasi," tutupnya. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru