Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Harap Banjir tidak Berlangsung Lama

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 November 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang berharap banjir yang melanda di daerahnya tidak berlangsung lama, seperti banjirt yang berlangsung bulan September 2020 kemarin. 

"Harapan kita banjir kali ini tidak berlangsung lama, dan biasanya di daerah hulu banjir akibat luapan Sungai Katingan berlangsung satu sampai dua hari," kata Wakil Bupati Katingan,  Sunardi Litang. 

Namun banjir pada bulan September 2020 lalu itu bisa sampai dua minggu.  "Tiidak seperti biasanya kita dalam satu tahun berkali-kali terjadi banjir,  dan memang ini fenomena alam yang luar biasa," sebutnya. 

Wabub menuturkan,  pemerintah daerah Kabupaten Katingan mengimbau kepada masyarakat khususnya yang menjadi langganan banjir seperti Katingan Hulu, Katingan Tengah, Katingan Hilir,  Tasik Payawan  dan Kecamatan Kamipang untuk waspada seperti pada perubahan musim saat ini.

"Kepada masyarakat kita imbau agar selalu siaga, dan pemerintah juga melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga akan selalu memantau kondisi pada semua elemen pemerintah di daerah baik camat, lurah maupun kades untuk selalu siaga monitor perkembangan banjir di daerahnya masing-masing," katanya. 

Apabila keadaan  yang mungkin di luar kemampuan masyarakat,  unsur pemerintah harus segera bergerak.

Dia menggambarkan seperti pada banjir bulan September 2020 kemarin,  minimal bisa membuka fasilitas darurat, seperti tenda ataupun dapur umum. 

"Harapan kita mudah-mudahan banjir yang kesekian kalinya ini tidak sebesar banjir yang kemarin itu," imbuh Wabub Sunardi Litang. (ABDUL GOFUR/B-5) 


 

Area lampiran

Berita Terbaru