Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Secara Epidemiologi, Situasi Pandemi Covid-19 Masih Belum Selesai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 November 2020 - 20:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bila ditinjau secara epidemiologi, saat ini, situasi pandemi covid-19 khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tidak bisa dinyatakan selesai.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Penanganan Covid-19 Kobar yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kobar Achmad Rois, 25 November 2020 mengatakan, hal serupa juga terjadi di semua wilayah di Indonesia.

"Kita saat ini berada dalam situasi dan kondisi pandemi covid-19 yang belum dinyatakan selesai, serta kasusnya juga belum juga dinyatakan landai. Jadi kasusnya masih sporadis di semua wilayah," kata Achmad Rois.

Achmad Rois melanjutkan, di beberapa wilayah di Provinsi Kalteng dalam seminggu terakhir juga mengalami kenaikan kasus individu yang terpapar covid-19.

"Ternyata setelah kita lihat, kenaikan kasus ini juga terjadi di Provinsi Jawa Tengah dan Jakarta. Dua daerah tersebut mempengaruhi secara epidemiologi pada Provinsi Kalteng, karena adanya individu yang datang dan pergi pada daerah tersebut. Sehingga, Kalteng dan khususnya kobar, kenaikan kasus juga berpengaruh dari dua daerah itu," jelas Achmad Rois.

"Untuk di Kabupaten Kobar tingkat penularanya masih sporadis, mayoritas adalah orang kontak erat dengan pasien yang sudah dinyatakan positif,"

"Namun perlu diingat, walaupun tingkat penularan di kategorikan tinggi, tetapi tingkat kesembuhan di Kabupaten Kobar juga termasuk yang tertinggi bila dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Kalteng," tutur Achmad Rois. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru