Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Kasongan - Tumbang Samba Wilayah Timur Putus Diterjang Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 November 2020 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ruas jalan yang menghubungkan Kasongan Kecamatan Katingan Hilir  menuju Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah wilayah timur yakni melalui Jalan Soekarno-Hatta sejak dua hari terakhir putus karena diterjang banjir. 

Dari informasi yang diperoleh, Rabu, 25 November 2020, putusnya ruas jalan dari Kasongan menuju Tumbang Samba itu berada di wilayah Tewang Manyangen Kecamatan Tewang Sanggalang Garing. 

Jalan yang terputus itu sepanjang kurang lebih 200 meter di daerah Teluk Buah. Banjir yang menyebabkan ruas jalan ini terendam akibat luapan Sungai Katingan. 

Dampak dari putusnya jalan, kendaraan yang hendak menuju wilayah Tumbang Samba atau dari wilayah hulu tujuan Kasongan harus melewati ruas jalan di Km 30 dekat perbatasan wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur atau Kotim. 

"Sudah dua hari ini saya tidak bisa mengantar barang ke Desa Dahian Tunggal Kecamatan Pulau Malan karena jalan di daerah Teluk Buah terendam banjir hingga ketinggian satu meter lebih," tutur Soni, warga Kasongan. 

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penamggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga mengakui putusnya ruas jalan Kasongan - Tumbang Samba tepatnya di daerah Teluk Buah tersebut. 

"Iya betul, ruas jalan dari Kasongan memuju Tumbang Samba melalui Jalan Soekarno-Hatta saat ini putus di daerah Teluk Buah karena terendam banjir, " kata Eka Suryadilaga. 

Namun sejauh ini, tambah dia, jika ada warga yang hendak ke wilayah hulu, mereka melewati jalan dari Km 30 Desa Hampalit menuju Tumbang Samba karena saat ini aman dari banjir. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru