Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kapuas Gelar Bimtek Pemungutan, Penghitungan Suara Hingga Penggunaan Aplikasi Sirekap

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 November 2020 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) pemungutan suara, dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se kabupaten dalam Pilkada Kalteng tahun 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan KPU Kapuas melalui Divisi Teknis Penyelenggara ini bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas Jalan Tambun Bungai pada Kamis 26 November 2020.

"Tujuan kegiatan adalah memberikan informasi dan pendidikan pengetahuan kepada PPK agar bisa menerapkannya, dan di bawa ke badan adhoc kami ke KPPS dan PPS," kata Anggota KPU Kapuas Divisi Teknis Penyelenggara, Agus Helmi kepada wartawan seusai kegiatan.

Kemudian, lanjut dia anggota PPK itu nantinya mereka akan memberi bimtek lagi ke KPPS dan PPS terkait pemungutan suara, perhitungan suara, dan penggunaan apliksi Sirekap.

"Sirekap ini aplikasi, tapi berdasarkan RDP yang dilaksanakan di pusat itu awalnya sirekap ini jadi bagian instrumen dalam rekapitulasi. Tetapi,berdasarkan RDP itu diputuskan sebagai alat pendukung saja," tuturnya.

Kendati Sirekap hanya sebagai alat pendukung, lanjut dia instruksi dari KPU RI bahwa semuanya, baik itu KPU daerah, PPK, PPS dan lainnya tetap harus menggunakan Sirekap sebagai alat pendukung dan publikasi.

"Kalau tidak ada jaringan internet bisa menggunakan sistem offline nantinya," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru