Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nomenklatur Damkar KobarJadi Dinas Sendiri Ditargetkan 2021

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 November 2020 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), sedang membahas Nomenklatur Pemadam Kebakaran (Damkar) menjadi dinas otonom di Kobar. Dari pembahasan itu, kemungkinan akan berdiri sendiri pada 2021.

"Nomenklatur untuk Damkar masih dalam pembahasan, tapi kelihatannya Satpol PP dan Damkar Kobar, Inshaallah pada tahun 2021 sudah pisah, sehingga nanti Damkar menjadi dinas yang berdiri sendiri," kata Hj Nurhidayah, Kamis, 26 November 2020.

Hj Nurhidayah berharap, dengan adanya lembaga sendiri ini nantinya, bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kasatpol PP dan Damkar Kobar Majerum Purni berharap dukungan dari Pemkab Kobar dan legislatif, agar bisa sesegera mungkin terbentuk dinas kebakaran dan keselamatan, sesuai amanah Permendagri.

Mendagri telah mengeluarkan Permendagri Nomor 16 Tahun 2020, yang mengatur tentang payung hukum Pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

"Kami berharap Damkar menjadi dinas sendiri, seusai amanah Mendagri, muaranya ialah untuk peningkatan pelayanan masyarakat," ungkapnya.

Majerum menambahkan, bahwa dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, bidang pemadam kebakaran telah menunjukkan eksistensinya dalam mengawal Kobar terhadap ancaman kebakaran pemukiman. Untuk itu, apabila nanti sudah berdiri sendiri diharapkan agar sarprasnya ditambah.

"Damkar ini perlu adanya penambahan sarana dan prasarana termasuk sumberdaya manusia yang ada, mengingat saat ini personel Damkar Kobar hanya ada 30 orang, itu termasuk kabid dan kepala seksi serta anggota yang ada," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru