Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Tabur Benih Ikan Gurami di Danau Bulat Kamipang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 November 2020 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang didampingi Camat Kamipang  Ade Irwan menabur benih ikan gurami di Danau Bulat, Desa Jahanjang, Kecamatan Kamipang, Kamis,  26 November 2020.

Sekretaris Dinas Pertanian Pangan, dan Perikanan Mozard D Staing mengatakan, sejauh ini wilayah Kecamatan Kamipang merupakan penghasil ikan sungai terbesar di Bumi Penyang Hinje Simpei.

Produksi ikan sungai di Kecamatan Kamipang mencapai 3.069,12 ton per tahun. Sementara Kecamatan Katingan Kuala sebagai penyumbang terbanyak hasil tangkapan ikan laut yang mencapai 8 ribu ton lebih per tahun. 

Camat Kamipang,  Ade Irwan mengatakan,  sejauh ini wilayahnya merupakan penghasil ikan sungai terbesar di Katingan. 

Selain dari Sungai Katingan,  ikan sungai tangkapan warga juga berasal dari danau maupun sungai-sungai kecil. Untuk itu, harus dijaga dan di lestarikan.

"Tentu ada aturan maupun tata cara penangkapan ikan ini perlu di jalankan, antara lain dilarang dengan cara Ilegal fishing, serta tidak mengunakan jaring  yang terlalu rapat," kata Camat Kamipang Ade Irwan.

Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang menyambut baik adanya kegiatan tabur benih ikan di Danau Bulat ini. 

Ia mengatakan, berbagai upaya pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan telah dilakukan. Seperti memberi penyuluhan tata cara menangkap ikan yang dianjurkan, serta pemberian benih pada kawasan-kawasan tertentu yang dinilai potensial menghasilkan ikan.

"Kita berharap benih ikan kalui (gurami) yang kita tabur sebanyak 30 ribu ekor ini nantinya bisa berhasil," katanya. 

Wabub Sunardi Litang menambahkan, ikan gurami atau biasa dikenal dengan ikan kalui oleh warga setempat itu merupakan jenis ikan tawar  yang sangat populer di semua kalangan. Ikan tersebut juga bisa bertahan hidup di daerah rawa-rawa, termasuk wilayah Katingan. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru