Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pandemi dan Sikap Hakim Menghadapi Persidangan Virtual

  • Oleh James Donny
  • 27 November 2020 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kursi-kursi kosong tanpa terdakwa, saksi, pengacara serta penuntut umum menjadi pemandangan pada ruangan sidang pengadilan Negeri Pulang Pisau dalam setiap agenda persidangan. Hanya tampak tiga orang hakim yang duduk di depan ruang sidang dan seorang panitera yang lebih jauh jarak dibelakangya sambil mengamati seksama layar monitor televisi yang berada di ruangan itu. 

Suara lain dalam layar monitor berinteraksi dengan hakim, ada yang bertanya ada yang menjawab terdengar dalam pengeras suara pada ruangan tersebut yang menggambarkan bahwa pada saat itu sedang berlangsung persidangan secara virtual. 

Suasana persidangan dengan menggunakan layar monitor itu menjadi suatu hal berbeda bagi hakim dari setiap agenda persidangan yang dilaksanakan sebelum pandemi Covid-19.

"Ini sangat berbeda sekali seperti kalau saksi atau terdakwa benar-benar dapat dilihat langsung oleh hakim, dan dalam suasana ini hakim harus betul-betul memiliki keyakinan untuk memberikan suatu keputusan selama berjalannya sidang," ujar Ketua Pengadilan Negeri Pulang Pisau, Agung Nugroho. 

Semenjak terjadinya pandemi menurutnya suasana Pengadilan Negeri Pulang Pisau semuanya berubah. Pengadilan Negeri yang sebelumnya ramai karena padatnya aktifitas menjadi sepi dari kerumunan masyarakat pencari keadilan meski masih ada aktifitas yang dilakukan tanpa henti. 

Para hakim, pegawai pengadilan harus melalui ketatnya protokol kesehatan sebelum melaksanakan tugas di Pengadilan Negeri Pulang Pisau. Seorang petugas bersiap memeriksa suhu tubuh siapapun yang akan masuk ke gedung pengadilan. 

Jajaran pengadilan negeri maupun pengunjung diwajibkan melaksanakan 3M Protokol Kesehatan sebagai syarat masuk area kantor Pengadilan Negeri Pulang Pisau. 

"Saat ini tengah pandemi Covid-19  sesuai Edaran Mahkamah Agung, Pengadilan Negeri Pulang Pisau tetap memberikan pelayanan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Ketua PN Pulang Pisau. 

Bunyi ketukan palu pengadilan menandakan bahwa bahwa proses peradilan di Pulang Pisau terus berjalan meski harus dilakukan jarak jauh karena pandemi Covid-19. (JAMES DONNY/B-5) 

Berita Terbaru