Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Disdik Kapuas: Ada 4 Hal Dikuatkan Dalam Program PHKC

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 November 2020 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas terus menyosialisasikan program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas (PHKC) ke seluruh kecamatan di kabupaten setempat.

Kepala Disdik Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan dalam pelaksanaan PHKC itu, ada 4 hal yang dikuatkan sebagai upaya untuk melakukan pencapaian visi dan misi kepala daerah.

"PHKC itu ada 4 yang dikuatkan. Pertama adalah mutu lulusan, peningkatan mutu lulusan tidak hanya dari segi nilai tetapi dari karakter budi pekerti luhur yang dibangun ini sejalan dengan program pemerintah pusat yaitu asesmen kompetensi minimum jadi bersinergi apa yang diinginkan kita jalankan di sini," kata Suwarno, Jumat 27 November 2020.

Kemudian, yang kedua ialah profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan. Bersamaan dengan program pemerintah pusat, seperti penguatan kepala sekolah, guru penggerak dan SPMI ini sudah berjalan.

"Dengan adanya itu guru-guru semakin meningkat profesionalismenya.
Misalnya ada 26 guru telah lulus Program Guru Penggerak (PGP) itu didik 9 bulan," tuturnya.

Selanjutnya, yang ketiga ialah implementasi kurikulum, saat ini kurikulum yang sudah jalan itukan akan dilakukan perubahan di tahun 2021.

"Kami memberikan nuansa kurikulum berbasis kearifan lokal karena pemerintah pusat itu menerapkan merdeka belajar. Jadi diberikan kewenangan kepada disdik dan pihak sekolah untuk mendesain pembelajaran seperti apa yang sesuai dengan budaya," ucapnya.

Terakhir, yakni adalah peningkatan peran stakeholder, seperti orangtua masyarakat, dan pemerintah ini benar-benar bisa membantu dunia pendidikan. Ia mencontohkan pihaknya sudah mengembangkan dalam program tuntas baca tulis al quran sudah dulu pernah dicanangkan, dan ada PKBM serta lainnya.

"Jadi empat hal ini kita tekankan di kecamatan-kecamatan supaya program PHKC ini melahirkan orang-orang yang cerdas," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru