Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengurus Batamad Kabupaten Lamandau 2020-2025 Dikukuhkan, Komandan Brigade Dijabat Dedi Linando Amann

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 November 2020 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Komandan Brigade dan pengurus Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Kabupaten Lamandau periode 2020 - 2025secara resmi dilantik dan dikukuhkan, Sabtu, 28 November 2020.

Pelantikan dan Pengukuhan pengurus Batamad Kabupaten Lamandau tersebut berlangsung di Huma Betang Hapakat, Jln RTA Milono, Kota Palangka Raya. Prosesi pelantikan dan pengukuhan langsung dipimpin Panglima Batamad Kalteng, Yuandrias.

Komposisi kepengurusan inti Batamad Kabupaten Lamandau untuk lima tahun mendatang memercayakan Dedi Linando Amann sebagai Komandan Brigade. Adapun pada posisi sekretaris dan bendahara masing-masing diemban Fery N Talajan serta Mardoni Setiawan. 

Dalam kesempatannya, Dedi Linanda Amann menegaskan, Batamad Lamandau akan terus berupaya memaksimalkan perananan sesuai kapasitasnya. Mereka akan senantiasa berada pada garis perjuangan dalam mempertahankan hak masyarakat adat.

"Sebagaimana salahsatu tugas dan fungsinya, Batamad Kabupaten Lamandau juga harus selalu siap membantu DAD, Damang dan Mantir Adat untuk mengamankan setiap kebijakan yang diambil dan ditetapkan. Sebagai organisasi yang ada di Bumi Pertiwi, Batamad juga punya kewajiban untuk mengantisipasi dan menangkal berbagai potensi gangguan yang dapat merongrong NKRI," tegasnya. 

Dedi Linando Amann mengatakan, Batamad Lamandau di bawah kepemimpinannya melibatkan putra-putri daerah asli dayak yang ada di Kabupaten Lamandau yang berasal dari berbagai Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di Kalteng, serta dari berbagai latar belakang dan profesi.

Hal itu, kata Dedi, menunjukkan adanya upaya sedari awal untuk mengeratkan ikatan persaudaraan dan kekeluargaan sebagaimana falsafah Huma Betang. 

Terpisah, Sekretaris Batamad Fery N Talajan mengatakan, prosesi pelantikan dan pengukuhan pengurus Batamad Kabupaten Lamandau periode 2020-2025, dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan dan pengukuhan pengurus Batamad Barito Timur dan Gunung Mas dengan menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19. 

Adapun pengurus Batamad Lamandau yang dapat hadir hanya sebanyak 20 orang sesuai dengan surat tugas dari DAD. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru