Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Damkar Kobar Rutin Beri Pelatihan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 28 November 2020 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran pemukiman, maka Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kobar, Majerum Purni mengatakan ancaman kebakaran pemukiman bisa selalu terjadi. Untuk itu beberapa upaya dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran permukiman dan salah satunya dengan sosialisasi dan pelatihan.

"Sosialisasi bahaya kebakaran dan juga pelatihan pemadaman, rutin kita lakukan. Setiap 3 bulan sekali kita lakukan pelatihan kepada barisan relawan kebakaran (Balakar), agar mereka selalu siap," katanya, Sabtu 28 November 2020.

Bahkan selain memberikan pelatihan kepada relawan, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada ibu - ibu rumah tangga, serta langkah awal antisipasi apabila ada percikan api.

"Ibu - ibu rumah tangga kita sosialisasikan cara apabila ada kebocoran gas LPG, kebakaran kompor, agar meraka tidak panik dan itu kita lakukan rutin," ungkapnya.

Damkar juga kerap menerim permintaan sosialisasi dari pihak kecamatan, kelurahan, bahkan sekolah tingkat SLTA dan SLTP sampai TK.

"Mereka kita berikan sosialisasikan cara memadamkan api, serta bahaya apabila mereka memainkan sejenis korek yang bisa memercik api dari kecil hingga besar," ungkapnya.

Pesan ini disampaikan Majerum Purni menanggapi pernyataan Lurah Mendawai, Rahardian Syahmi yang mengharapkan adanya pelatihan dan sosialisasi secara rutin, serta pengecekan alat pemadam kebakaran yang dakukan Damkar Kobar. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru