Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Palangka Raya Siap Kawal Usulan Prioritas Hasil Reses dan Musrenbang

  • Oleh Hendri
  • 30 November 2020 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kota Palangka Raya berkomitmen mengawal usulan masyarakat dalam skala prioritas yang disampaikan melalui berbagai sarana, seperti dalam kegiatan reses maupun hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Anggota DPRD Kota Palangka Raya dari Fraksi Partai Golkar, Norhaini menuturkan kegiatan reses ataupun musrenbang bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat dan sekaligus mengetahui permasalahan yang ada di tengah masyarakat saat ini.

Usulan yang disampaikan masyarakat dari daerah pemilihan anggota DPRD ataupun dari  tingkat kelurahan dan kecamatan, biasanya cukup banyak dengan jenis permasalahan yang beragam pula.

Norhaini mengatakan pihaknya bersama anggota legislatif lainnya akan terus berupaya mengawal usulan prioritas yang disampaikan, agar bisa diakomodir di tahun anggaran 2021 maupun tahun anggaran berikutnya.

“DPRD sebagaimana trifungsi untuk pengawasan, legislasi dan penganggaran akan dijalankan. Salah satunya membantu mengawasi jalannya pemerintahan dan proses pembangunan agar bisa berjalan lancar sebagaimana mestinya,” katanya disela kegiatan reses Dapil II di Kelurahan Menteng, Senin 30 November 2020.

Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawal prosesnya juga agar apa yang diusulkan bisa terealisasi. Pengawalan terhadap apa yang diusulkan perlu dilakukan, meskipun tidak semua usulan bisa terealisasi mengingat anggaran pemerintah yang terbatas.

“Untuk porsi keduanya, reses akan masuk sebanyak 30 persen dan 70 persen lainnya merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam Musrenbang. Namun apa yang diinginkan masyarakat selama ini masih berkutat pada pembangunan infrastruktur seperti jalan dan drainase. Di mana saja daerah yang dalam usulan reses maupun musrenbangnya sama, akan menjadi bahan pertimbangan prioritas dari pemerintah,” bebernya.

Dia menambahkan, pihaknya akan melihat usulan yang masuk skala prioritas sehingga tidak melenceng dari visi dan misi pemko. Juga guna melaksanakan pembangunan daerah, tidak bisa dilakukan dengan instan melainkan membutuhkan proses yang panjang dengan berbagai pertimbangan dan kebutuhan masyarakat luas.

“Visi dan misi kepala daerah kita lebih kepada pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana. Untuk sektor lainnya pun akan dijalankan beriringan. Kita akan terus mendorong pelaksanaan pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru