Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Pilgub Kalteng 2020, Warga Barito Timur Mengurus KTP Meningkat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 November 2020 - 14:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang tinggal 9 hari lagi, jumlah warga Barito Timur yang melakukan pembuatan E-KTP mengalami peningkatan.

Pantauan borneonews di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil setempat, Senin 30 November 2020 pagi ada sekitar 100 warga yang mengantri untuk melakukan perekaman maupun menunggu E-KTP dicetak.

Kepala Dinas Dukcapil Barito Timur, Muslim Raharjo saat dimintai penjelasan mengungkapkan bahwa peningkatan jumlah warga yang mengurus E-KTP terjadi sejak 1 Minggu terakhir.

"Rata-rata 150 orang per hari, kalau dilihat banyaknya antrian hari ini diperkirakan lebih dari 150 orang," kata muslim sambil mengawasi pelayanan terhadap masyarakat yang mengurus E-KTP.

Dia menduga peningkatan jumlah warga yang membuat E-KTP karena ingin menggunakan hak pilih atau ikut mencoblos pada Pilgub Kalteng 2020, namun jika dilihat dari umur warga yang membuat E-KTP tidak semua merupakan pemilih pemula.

"Sebagian yang mengurus E-KTP mungkin pada pemilihan umum sebelumnya hanya menggunakan surat keterangan," jelasnya.

Meski jumlah warga yang mengurus dokumen kependudukan mengalami peningkatan, namun Disdukcapil tetap memaksimalkan pelayanan agar warga yang mengurus dokumen dapat selesai dalam satu hari.

"Di Dukcapil kami operasikan 4 alat perekam E-KTP sehingga semua masyarakat yang datang dapat terlayani dengan baik, dan kami usahakan dalam 1 hari KTP-nya jadi," tandasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru