Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdikbud Kobar Gelar Focus Group Discussion Bahas Rencana Pembangunan Museum

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 November 2020 - 16:01 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain sebagai tempat menyimpan koleksi benda bersejarah agar publik bisa mengetahui informasi pada masa lalu, keberadaan museum juga penting sebagai tempat wisata dan edukasi.

Untuk itulah saat ini Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) merencanakan pembangunan museum yang lokasinya nanti berada di lahan yang terletak di samping Universitas Antakusuma, Jalan Iskandar, Pangkalan Bun.

Dalam tahapan pra perencanaan pembangunan museum ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kobar menggelar focus group discussion (FGD) yang menghadirkan beberapa nara sumber dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan serta akademisi Universitas Indonesia secara online dalam rangka rencana pembangunan museum tersebut di Quizas Cafe Pangkalan Bun, Senin, 30 November 2020.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah usai kegiatan pembukaan mengatakan FGD ini digelar untuk membahas tahapan awal pembangunan museum.

"Karena museum ini diperlukan selain untuk melestarikan situs budaya seni budaya lokal untuk menarik kunungan wisata lantaran di Kabupaten Kobar kita memiliki potensi sejarah budaya yang luar biasa," jelasnya. 

Karena saat ini Kobar masih belum mempunyai museum untuk memperlihatkan berbagai informasi sejarah. 

"Namun sebelum dibangun tentunya kita minta masukan dari ahli infastruktur, estetika, wisata budaya dan lainnya, sehingga bisa didiskusikan bagaimana nantinya bentuk bangunan dan apa saja yang bakal ditampilkan dalam museum tersebut," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru