Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Digelarnya FGD Rencana Pembangunan Museum di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 November 2020 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain sebagai tempat menyimpan koleksi benda bersejarah, seni dan kebudayaan lokal, keberadaan museum yang rencananya bakal dibangun di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) juga bisa menjadi bangunan ikonik yang bisa menggambarkan kebudayaan masyarakat.

Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah usai pembukaan focus group fiscussion (FGD) rencana pembangunan museum di Kobar yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mengatakan keberadaan museum ini harapannya nanti bukan hanya menjadi bangunan yang dianggap monumen semata.

"Jadi berbagai kegiatan harapannya bisa dilakukan di museum. Mulai sebagai tempat edukasi juga sebagai sarana rekreasi publik," jelasnya.

Untuk itulah menurut Wabup dalam FGD ini terlibat beberapa institusi, akademisi hingga tokoh budaya dan seni yang dianggap berkompeten memberikan saran dan masukan mengenai desain, isi museum hingga penamaan bangunan tersebut.

"Artinya keberadaan museum ini menggambarkan ruh daerah, sejarah dan kebudayaan yang ada di Kobar," jelasnya. Karena Kobar kaya dengan sejarah, seni dan kebudayaan.

"Kita mengetahui bersama, mengenai adanya Kesultanan satu-satunya di Kalteng yaitu Kesultanan Kutaringin, sejarah perjuangan saat revolusi kemerdekaan yaitu pertempuran 14 Januari 1946 di Kumai dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini perlu dilestarikan agar generasi selanjutnya tetap mengetahui dan mempelajari budaya dan sejarah Kabupaten Kobar," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru