Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berbagai Pendapat Dikumpulkan dan Dibahas Guna Tentukan Desain, Isi Serta Layout Museum

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 November 2020 - 18:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kotawaringin Barat (Kobar), Rosihan Pribadi terkait Focus Group Discussion (FGD) rencana pembangunan museum, Senin 30 November 2020 mengatakan jika dalam pra perencanaan pembangunan tersebut pihaknya mengumpulkan semua pendapat dari pihak yang dianggap berkompeten agar museum bisa terealisasi sesuai harapan.

"Pendapat, masukan, persepsi dan regulasi tersebut dihimpun dari semua sisi. Karena itulah ada nara sumber (narsum) dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud dan Akademisi dari Universitas Indonesia," jelasnya.

Dalam FGD ini akan berkembang pembahasan untuk yang nantinya akan dijabarkan menjadi bentuk bangunan, isi museum dan layoutnya.

Karena keberadaan museum harus memenuhi tiga fungsi yaitu melestarikan benda budaya, sarana edukasi dan sarana rekreasi.

"Sehingga dari pembahasan yang dilakukan muncul masukan terkait bentuk fisik museum yang ikonik dan memunculkan ruh kebudayaan dan peradaban Kabupaten Kobar," jelasnya.

Dia menjelaskan kapan rencananya museum terssbut mulai dibangun  "Tahun depan mungkin tahapannya masih perencanaan. Bila tidak ada halangan kemungkinan pembangunan fisik dimulai 2022," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru