Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tema yang Dipilih dalam Pembangunan Museum di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 November 2020 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tema umum namun menggambarkan sejarah dan peradaban di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) rencananya bakal dipilih untuk ditampilkan dalam museum yang saat ini masih dalam tahap pra perencanaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kobar, Rosihan Pribadi, Senin 30 November 2020 menjelaskan apa saja hal yang bakal dibahas untuk menentukan isi museum dalm focus group discussion (FGD).

"Isi dari museum ini beragam, mulai benda kepurbakalaan, sejarah dan budaya yang saat ini sudah terinventarisir," jelasnya.

Selain itu beragan upacara adat dan peradaban sejak keberadaan Kesultanan Kutaringin hingga modern juga bakal dibahas untuk ditampilkan.

"Nantinya museum tersebut bakal diisi dengan benda yang menggambarkan kebudayaan dan peradaban. Bila benda yang otentik tidak ditemukan, nantinya bakal diganti dengan replikanya. Begitu juga kehidupan masyarakat yang dulunya bertani secara berpindah, hingga pertanian modern," jelasnya.

Menurutnya dengan menentukan isi museum yang tepat, harapannya generasi selanjutnya bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai hal dikehidupan masyarakat Kobar dalam perjalanan waktu sejak dulu hingga sekarang.

"Sehingga berbagai benda sejarah, adat dan kebudayaan bisa terinventarisir dan terus diketahui dan dipelajari oleh generasi berikutnya," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru